aldylo

Just another WordPress.com site

Material

Analisa Material

A. Kayu

Kayu memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan material lain seperti besi, plastik atau rotan. Kelebihan pada sifat mekanis salah satunya adalah ketahanan kayu terhadap tekanan dan lenturan. Dari segi estetika kayu memiliki tekstur yang baik dan indah karena berbagai macam jenisnya. Dan dari segi sifat fisik kayu memiliki berat jenis yang cukup ringan sehingga bisa mengapung dan sifat resonansinya.
jenis kayu yang dipilih adalah jenis kayu jati.

Sumber : http://www.tentangkayu.com

Kayu MDF ( Medium Density Fibreboard )

MDF terbuat dari serbuk kayu halus dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Kayu yang dipakai biasanya diambil dari kayu sisa perkebunan ataupun bamboo. Ini membuat MDF lebih ramah lingkungan. Bentuknya berupa papan atau lembaran yan siap dipotong sesuai dengan kebutuhan. Versi yang lebih padat dan lebih kuat dikenal dengan HDF (High Density Fibreboard).

MDF sangat fleksibel sehingga mudah dibentuk. Ukuran dan kekuatannyapun  konsisten.  Namun karena memakai bahan kimia resin, MDF lebih berat dari Plywood dan particle board. Di pasaran MDF memiliki jenis finishing yang sangat berfariasi dari cat kayu, venner, PVC, HPL ataupun paper laminate. Warna dan motifnya pun dapat dibuat sangat beragam.

Furniture yang memakai bahan MDF biasa dipakai untuk furniture praktis yang diproduksi masal oleh pabrik. Sistem knock down digunakan hampir di semua industry furniture dengan menggunakan dowel (batang kayu atau plastic kecil) atau connecting bolt yang membuat produk dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Kelebihan: MDF – seperti yang disebutkan di atas – yang ramah lingkungan material. agak lembut dan setuju dengan penanganan yang paling halus MDF, jadi ini bahan fasad dicintai oleh desainer kontemporer. Diukir lemari dapur, kepala tempat tidur elegan – semua MDF. MDF memiliki semua keuntungan dari kayu, tetapi ada baiknya banyak murah, dan berlangsung lebih lama.

Negatif: hanya – nenalazhennoe produksi MDF di Rusia, dan karenanya tingginya harga material. Tapi minus itu, kami bermaksud memberikan pertempuran yang menentukan. Perusahaan Amerika Panel Group membuka produksi MDF di Rusia dalam enam bulan.

B. Fiberglass

Desain kebebasan : Tinggi tingkat fleksibilitas desain. Praktis menggunakan fiberglass yang hampir tak terbatas, hanya dibatasi oleh imajinasi Anda. Fiberglass membuka jalan baru bagi desainer kreatif. sifat fisik yang unik memungkinkan untuk mudah dicetak dan diproduksi untuk memenuhi hampir semua spesifikasi. Karena ada beberapa kendala pada ukuran, bentuk, warna atau selesai, styling dan penampilan bisa didahulukan biaya produksi.

Keterjangkauan : Ini kebebasan desain dan kemudahan untuk bekerja membuat fiberglass alternatif ekonomis untuk pembuatan komponen atau produk akhir dalam jumlah apapun.

Multifungsi : Kekuatan ringan dari fiberglass selalu membuatnya menjadi pilihan populer untuk manufaktur;. Fiberglass yang berbeda menawarkan berbagai keuntungan dalam berbagai produk penurunan berat dan pemeliharaan membuatnya menarik pada proyek-proyek arsitektur. dan banyak lagi industri Lebih banyak menemukan manfaat dari fleksibilitas.

Kekuatan dan ketahanan : kekuatan tinggi untuk perbandingan berat dan kekuatan lentur tinggi. Fiberglass merupakan bahan ringan menarik yang membangun kekuatan ke hampir semua produk jadi atau komponen. untuk fiberglass dapat lebih kuat dari baja dan lembaran logam. Sangat ekstrem tahan terhadap lingkungan. Fiberglass dibangun untuk terakhir. fiberglass yang diperkuat produk plastik memberikan kinerja yang lebih baik daripada plain plastik yang diperkuat unit-non.

Penampilan :  bagian fiberglass yang dilapisi gel dalam cetakan mereka dengan pilihan datar, semi-gloss atau tinggi gloss warna menghilangkan kebutuhan untuk lukisan. Dalam lingkungan yang sangat korosif gel-jas jauh lebih tahan lama daripada cat kebanyakan. produk fiberglass dapat dibuat dalam berbagai tekstur selesai, dan warna. Fiberglass adalah non-korosif dan memiliki harapan hidup lagi banyak jika dibandingkan dengan berbagai bahan bangunan. Dalam lingkungan yang sangat korosif fiberglass adalah pilihan yang lebih disukai daripada logam, kayu, atau plastik. Sebuah pilihan populer di mana paparan lingkungan yang keras adalah kekhawatiran, fiberglass memberikan ketahanan terhadap sinar ultra kekerasan, suhu ekstrim, udara garam, dan berbagai bahan kimia termasuk asam paling. Karena fiberglass secara kimiawi inert dan tahan korosi, ia menawarkan alternatif ekonomis untuk stainless steel.

Sound mematikan : Fiberglass memberikan sifat akustik unggul bila dibandingkan dengan plastik atau logam. Berbagai jenis bahan mematikan suara dapat dilaminasi antara lapisan kekuatan tinggi matte fiberglass untuk mencapai tingkat yang lebih disukai mematikan suara. Stabilitas Fiberglass pameran paling sedikit ekspansi dan/ atau kontraksi bila dibandingkan dengan plastik, kayu, atau logam. bagian fiberglass memiliki kestabilan dimensi yang sangat baik dan akan terus terbentuk di bawah berat mekanik dan tekanan lingkungan.

Pemiliharaan rendah : bagian fiberglass memerlukan sedikit pemeliharaan sangat tidak ada karat.

bahan ini selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan, bahan yang satu ini cenderung mudah tergores karena permukaan bahan ini cenderung licin dan tipis.

Sumber : http://www.trojanproducts.co.uk/aboutus/grp/simple.htm

C. Plastik.

Plastik memiliki kekuatan ajaib, rancangan struktural, dan fitur daur ulang yang sangat baik. Terdapat plastik yang dapat didaur ulang dan tak dapat didaur ulang. Kepingan atau limbah plastik dapat diproses ulang menjadi produk yang berguna seperti tas, peralatan makan microwave, kursi, meja, dekorasi, furniture, peralatan kesehatan, dan beberapa macam objek. Plastik terbuat dari polymer yang mengandung:

  1. Polyethylene terephthalate (PET) digunakan untuk wadah minuman seperti botol air, minuman ringan, dan kuah bumbu salad, sama halnya dengan industri pakaian.
  2. High-density polyethylene (HDPE) digunakan dengan kontak dengan makanan seperti botol susu, jus, dan larutan organik. HDPE juga dapat digunakan untuk tas sampah.
  3. Polyvinyl chloride (PVC) digunakan di rumah untuk pembuatan linoleum lantai, puncak mobil vinyl, jas hujan, gorden kamar mandi, dan pipa air.
  4. Low-density polyethylene (LDPE) digunakan untuk pengemasan seperti foil, nampan, tas makanan beku dan atau tas plastic, botol perasan untuk makanan dan bukan makanan. LDPE dapat digunakan juga sebagai lapisan pelindung kertas, tekstil, dan plastik lainnya.
  5. Polypropylene (PP) digunakan untuk peralatan makan microwave, tabung margarine, dan piring dan gelas sekali pakai. PP dapat digunakan juga untuk tali, dan karpet.
  6. Polystyrene (PS) atau styrofoam digunakan untuk karton telur, piring dan peralatan makan sekali pakai, dan pengiriman aman untuk produk rapuh. PS dapat digunakan juga untuk bahan pengemasan untuk mempertahankan panas atau dinginnya makanan.

Jenis material yang digunakan untuk furniture adalah PVC ( polivinil klorida ) adalah termoplastik polimer . PVC banyak digunakan dalam konstruksi karena murah, tahan lama.

Keunggulan

  • Kuat
  • Ringan
  • Flaksibel
  • Tahan Karat
  • Tidak Mudah Pecah
  • Mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik
  • Mudah dibentuk untuk berbagai fungsi
  • Isolator panas/listrik yang baik

Kelemahan

  • Beberapa jenis plastik tidak tahan panas
  • Beberapa jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami (non-biodegradable)
  • Jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan

Sumber: ezinearticles.com


Berdasarkan data data material yang didapat maka disimpulkan :

Jenis material yang digunakan adalah pemilihan material yang kuat dan ringan adalah Fiberglass karena berdasarkan :

  1. Tinggi tingkat fleksibilitas desain.
  2. sifat fisik yang unik memungkinkan untuk mudah dicetak dan diproduksi untuk memenuhi hampir semua spesifikasi
  3. Kekuatan ringan dari fiberglass selalu membuatnya menjadi pilihan populer untuk manufaktur.
  4. kekuatan tinggi untuk perbandingan berat dan kekuatan lentur tinggi. Fiberglass merupakan bahan ringan menarik yang membangun kekuatan ke hampir semua produk jadi atau komponen.
  5. Sangat ekstrem tahan terhadap lingkungan, dan fiberglass memberikan ketahanan terhadap sinar ultra kekerasan, suhu ekstrim, dan udara garam.
  6. fiberglass memiliki kestabilan dimensi yang sangat baik.
  7. Mudah dalam perawatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: