aldylo

Just another WordPress.com site

Prinsip Seni Desain

Desain minimalis lebih banyak menggunakan garis, persegi panjang, dan bujur sangkar, baik itu desain arsitektur, interior termasuk furniture simple minimalis. Semuanya cenderung didominasi oleh bidang kotak berupa kubus, persegi panjang. Untuk furniture, Sesekali terdapat bidang bulat atau lengkung yang biasanya muncul karena factor ergonomic. Pada elemen bentuk ini, tampilan yang ditonjolkan adalah penampilan yang bersih, polos, dan jujur. Hal ini terlihat dari tidak adanya tampilan profil-profil kayu, baik di rangka maupun badan furniture.

Desain minimalis banyak dipengaruhi oleh gerakan seni de stijl dari negeri Belanda. de Stijl atau dalam Bahasa Inggris the style adalah gerakan  seni di Leiden, Belanda, yang diprakarsai oleh Theo van Deosburg, seorang arsitek dan pelukis di tahun 1917. Konsep ini berkembang seiring terjadinya perang dunia pertama yang berlarut-larut. Komunitas seni de Stijl kemudian berusaha memenuhi keinginan masyarakat dunia mengenai sistem keharmonisan baru, yaitu dengan mencari prinsip – prinsip dan estetika  baru di dalam seni.

Prinsip estetikanya adalah sebagai berikut: untuk mencapai abstraks, harmoni spiritual dan tatanan, bentuk dan warna disederhanakan. Bentuk disederhanakan menjadi hanya garis saja. Warna disederhanakan menjadi warna primer saja, biru, kuning, merah, serta hitam putih, dan abu-abu (bagi orang barat, hitam putih dan abu abu itu bukan warna, tapi shade: gelap terang).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: